Thursday 12 April 2012

Divine "Colors" of Bali

Rabu (11/4) lalu, saya merasakan sekilas eksotisme Bali di tengah belantara ibukota.

Sejak pagi saya beranjak ke Bebek Bengil Menteng untuk menghadiri kind of architectural enlightenment yang diadakan salah satu produsen cat dekoratif bernama Dulux. Bincang-bincang yang dihadiri perwakilan beberapa media massa berkonsep home and living juga arsitek-arsitek muda ini mengambil tema “Divine Colors of Bali”. Ya, kali ini, Dulux mengambil nuansa Bali sebagai inspirasi desain.

Ngomong-ngomong tentang Bali, yang terlintas langsung private beach. Disusul night life, mystical culture, art space, idea and inspiration for writing. Tapi pembicara kali ini, Nyoman Popo Danes pendiri Danes Art Veranda dan Oka Saraswati Dosen Sejarah Arsitektur Universitas Udayana, menyajikan Bali dari sisi yang berbeda. Kekuatan arsitektur dan desain interiornya.

Popo Danes mengakui, Bali punya dua sisi. Yaitu sudut pandang masyarakat dari luar Bali dan sisi masyarakat Bali itu sendiri. Disusul komentarnya yang akan selalu saya ingat. “Perubahan Bali terlalu cepat sampai-sampai penduduknya tidak sempat mengantisipasi.” Maknanya sangat dalam. Tiba-tiba saya ingat kota asal saya yang juga telah banyak berubah.

Berbicara tentang warna, “All or Nothing” adalah kecenderungan arsitektur Bali. Jujur, kenangan tentang Bali sebenarnya gak terlalu banyak melekat, mengingat baru sekali ke sana dan tahun 1993 pula :( Tapi langsung kebayang ornamen Pura kaya warna yang saya lihat. Atau kain-kain pantai bermotif Bunga Kamboja warna-warni. Hahaha. Untungnya, kami diberi gambaran bangunan-bangunan Bali melalui slide para pembicara. Bahkan Mbak Oka menjelaskan, Bali mengenal istilah Dewata Nawa Sanga. Sembilan penguasa yang mewakili masing-masing arah mata angin ini diwakilkan oleh sembilan jenis warna. Yaitu hitam, biru, putih, pink, merah, jingga, kuning, hijau, dan pancawarna.

Dua jam seminar yang menyenangkan kemudian disusul oleh dua jam workshop. Saatnya bermain warna dengan cat-cat Dulux! Sebelumnya, dijelaskan rupa-rupa cat dan pengaplikasiannya. Para peserta diberi cat, roll cat, sarung tangan, kaca mata, kanvas, kuas cat beraneka ukuran, dan alat-alat lainnya. 




Kami ditantang untuk melukis menggunakan cat duco! To be honest, saya yang sejak cimit gak pernah dapet nilai memuaskan di kelas menggambar pun seketika jiper. Hahaha. Apalagi tema workshop lukis kali ini : Bali. Maksud hati gambar barong apa daya tangan tak terampil. Dan jadinya gambar ini deh. *hold your laugh*






But it was fun!  Feels like “Draw-Something-Artist” turns into Duco Painter! Haha. Dan seketika keinginan ke Bali makin membumbung tinggi. Thanks Dulux, such a fun forum! 

1 comment:

  1. Let's go to Bali.
    Menyaksikan sekali lagi "warna" Bali dari sangat dekat sekali. Kapan yaaaa? :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...